Walikota Metro lakukan Penebaran Benih Ikan Di sungai Way Raman

Kota Metro,Akses Berita – Walikota Metro Wahdi Siradjuddin melakukan Restocking/Penebaran benih bibit ikan di Sungai Way Raman, di Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Rabu (30/06/2021).

Penyebaran benih ikan ini dilakukan dalam rangka pengembangan Perairan Umum Daratan bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni.

Dalam sambutannya, Wahdi mengucapkan terima kasih, kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, yang telah menetapkan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Mina Purwoasri Sari, sebagai penerima bantuan benih ikan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit benih ikan. Hal ini bisa sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan termasuk kebersihan sungai agar ekosistem sungai tetap terjaga,” ujar Wahdi.

Wahdi juga menyampaikan bahwa perkembangan sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya penyediaan protein hewani untuk pemenuhan pangan dan Gizi masyarakat.

“Ikan merupakan sumber protein yang sangat relevan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat, penurunan stunting melalui langkah intervensinya gizi sensitif, dan meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan,” katanya.

Lanjutnya, Wahdi mengajak masyarakat untuk ikut peduli dalam menjaga kualitas air sungai dan parit, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai dan parit. Jika kualitas air sungai baik maka ekosistem sungai juga akan sehat.

“Saya berharap bantuan benih ikan yang di tebar di Sungai Way Raman ini, nantinya akan meningkatkan stock atau populasi ikan di perairan umum daratan, sebagai upaya melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan. Serta dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan perairan Sungai Way Raman,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni, berpesan kepada pengurus Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan Mina Purwoasri Sari, agar dapat menjalankan peran dan tugasnya dengan baik dalam rangka membantu menjaga kelestarian sumberdaya perikanan.

“Pesan kami untuk masyarakat agar jangan menggunakan setrum atau racun, dalam menangkap ikan. Masyarakat juga harus bijak dalam menangkap ikan, yaitu dengan menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan saat menangkap ikan, agar kelestarian alam dan sumberdaya perikanan tetap terjaga,”ujar Liza. (Rls/red)

 467 total views,  1 views today