Pokmas Jadi Jawaban Pada Persoalan Kesejahteraan Masyarakat

Lampung, Kota Metro – Pembangunan infrastruktur merupakan jalan bagi masyarakat dalam menuju kesejahteraan. Semakin baik infrastruktur, maka semakin dekat masyarakat dengan kesejahteraan yang diharapkan.

Yang perlu diperhatikan adalah, bahww pembangunan infrastruktur yang baik harus meliputi banyak aspek, mulai dari aspek teknis maupun aspek nonteknis. Selain itu, pembangunan infrasturktur harus bertujuan untuk menambah atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat meningkat.

Program Nawacita yang ditawarkan Presiden Joko Widodo merupakan sesuatu yang sejalan dengan tujuan pembangunan infrastruktur tersebut. Program padat karya contohnya, merupakan salah satu infrastruktur yang baik, dan bisa berdampak baik kepada masyarakat.

Aplikasi dari nawacita pembangunan yang di galakkan oleh presiden Joko Widodo diantaranya adalah lahirnya program yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dimana masyarakat di libatkan seluas luasnya untuk menjalankan program pembangunannya dalam skala kelompok/komunitas mulai dari tahap perencanaan,pelaksanaan maupun pengawasan.

Dengan adanya mekanisme tersebut dapat dipastikan kualitas pembangunan/ mutu pekerjaan dapat terjaga. Salah satu program pemerintah melalui dana kelurahan yang ada di kota metro berupa Pokmas (Kelompok Masyarakat ) yang berjalan dengan baik salah satunya ada di kelurahan sumbersari.

Gunarto selaku ketua pokmas menuturkan, jika pekerjaan yang ada di kelurahan sumbersari mulai dari tahap perencanaan,pelaksanaan sampai pengawasan di lakukan oleh masyarakat. Artinya program ini dari masyarakat, oleh masyarakat untuk masyarakat.

Dalam pelaksanaan pekerjaannya pokmas di dampingi oleh tim teknis yang mengontrol kualitas pekerjaan yang dilakukan. Tenaga kerja yang di gunakan pun berasal dari warga sekitar, sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat ditengah pandemi covid-19.

Semua warga pasti menginginkan pekerjaan yang di kerjaakannya sesuai kualitas atau bahkan lebih, karena wargalah yang nantinya akan menggunakan hasil pembangunan tersebut. Bahkan secara volume pekerjaan kami bertambah.

Ada pekerjaan drainase yang didalam perencanaannya memiliki panjang 152 Meter, tetapi dalam pelaksanaannya kami mampu tambah menjadi 162 Meter hasil dari swadaya masyarakat.

Jadi masyarakat memang menghendaki pekerjaan yang dilakukan berkualitas, terang Gunarto selaku ketua pokmas Sumberjaya 1 sumbersari metro. Senada dengan apa yang dikatakan ketua pokmas.

Tokoh masyarakat setempat Mbah Sarwan mengamini apa yang dikatakan oleh ketua pokmas. Pokoknya, selama pekerjaan dilakukan oleh masyarakat setempat, insyaallah hasilnya memuaskan. Lah wong masyarakat sendiri yang akan menggunakan hasil dari pekerjaan tersebut. (Red/Rls)

 81 total views,  1 views today