Pemkot Metro Mulai Canangkan Vaksinasi untuk Anak di Kota Metro

Kota Metro – Pemerintah Kota Metro, mulai mencanangkan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun di Kota Metro, berlangsung di Pukesmas Iringmulyo Kec. Metro Timur, Jumat (23/07/2021). Hadir dalam pencanangan ini, Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Sekda Kota Metro dan jajaran.

Kadis Kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti, dalam laporannya menyampaikan kasus positif Covid-19 pada anak Indonesia umur 0-8 tahun menurut data covid19.go.id, kasus covid-19 anak umur 1-5 tahun sebanyak 2,9% sedangkan usia sekolah/remaja umur 6-18 tahun 9,7 %. Angka kematian pada anak umur 1-5 tahun sebanyak 0.6% umur 6-8 tahun sebanyak 0.6%.

“Anak dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang dewasa walau tanpa gejala. Sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang vaksinasi tahap 3 bagi masyarakat rentan serta masyarakat umum lainnya dan Pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi anak usia 12-17 tahun,” ungkapnya.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menjelaskan, Pemerintah Kota Metro menyelenggarakan program vaksinasi untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun merupakan hasil dari arahan Presiden RI Joko Widodo, Menko Maritim RI, Menteri Kesehatan RI dan segenap Pemerintah Pusat. Vaksinasi ini di lakukan bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

“Hari ini ada 50 anak yang berusia 12-17 tahun pada rogram vaksinasi ke siswa SMP/SMA yang dicanangkan mulai hari ini di Kota Metro. Hari ini dimulai dan berlanjut sampai selesai, saya juga berharap semua adik-adik menginformasikan kepada kawan-kawannya agar semua dapat mengikuti vaksin ini supaya sehat semua, tidak tertular Covid-19,” tandasnya.

Wahdi juga mengatakan, tujuan vaksinasi ini adalah untuk memutus penularan timbal balik antara orang dewasa dan anak-anak selain dengan upaya protokol kesehatan yang ketat,

“Kegiatan ini juga perlu dilakukan percepatan pada dewasa dan anak, terutama pada anak remaja dengan mobilitas tinggi. Menurunkan kasus positif dan menurunkan angka kematian Covid-19 pada anak,” ungkapnya. (Red/Adv)

 21 total views,  1 views today