KPPRI Lampung dan Anggota DPRD Lampung Siap Kawal Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilu 2024

Bandar Lampung – Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) Provinsi Lampung menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh keterwakilan perempuan politik di Kabupaten/Kota se-Lampung.

FGD yang bertema ‘Strategi Peluang Mangawal Keterwakilan Perempuan Pada Pemilu Legislatif Tahun 2024’ di Hotel Horison Bandarlampung, bersama narasumber anggota KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana dan anggota Bawaslu Lampung Hermansyah.

Acara yang dibuka oleh Mingrum Gumay, Ketua DPRD Provinsi Lampung menyampaikan apresiasi dan juga dorongan dalam keterwakilan perempuan di pemilu 2024.

“Dengan adanya FGD hari ini, tentunya akan memberikan dampak baik untuk perempuan yang tergabung atau yg bergabung dalam dunia politik. Karena keterwakilan perempuan subtansinya tidak kalah penting dengan laki-laki sebagai pemimpin,” ujarnya, Rabu (31/08/22).

Ketua KPPRI Lampung, Aprilliati SH.MH mengatakan diskusi ini dilakukan untuk memberikan strategis pada perempuan yang akan mengikuti pesta demokrasi.

“Mengingat bahwa ini sudah memasuki tahun politik, tahapan politik sudah berjalan dan penjaringan perekrutan bakal caleg sudah di mulai oleh partai-partai. Mereka harus memahami dulu bagaimana statergi kita dalam menghadapi tahun pemilu 2024,” tuturnya.

Kenaikan persentase dari keterwakilan perempuan di dunia politik. Diharapkan dapat meningkat di setiap pesta demokrasi, baik itu Pilpres, Pileg, maupun Pilkada.

“Untuk di tahun 2019 keterwakilan perempuan di DPR RI mencapai 20,05%, sedangkan untuk provinsi tahun 2019 17 orang naik dari tahun 2014 yang hanya 12 orang perempuan. Semoga untuk tahun pemilu 2024 akan ada lebih dari 30% keterwakilan perempuan,” harapnya. (Red/Adv)

 19 total views,  1 views today