KONI Tanggamus Adakan Rakor, Untuk Evaluasi dan Rencanakan Program Kedepan

Tanggamus, Kota Agung – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanggamus melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor), yang ditempatkan di Rumah Makan Saung Bagja, Kotaagung, Kamis (24/12/2020).

Rakor dihadiri Ketua Umum KONI Tanggamus Hi. Samsul Hadi, Sekretaris Umum KONI Azuwansyah, Bendahara KONI Ulfa, Jajaran Pengurus KONI, serta Pengurus Cabang Olahraga se Kabupaten Tanggamus.

Ketum KONI Tanggamus, Hi. Samsul Hadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa rakor yang ketiga kalinya dilaksanakan di Tahun 2020 ini, salah satu agenda utamanya adalah melakukan evaluasi kegiatan dalam satu tahun, khususnya di cabang olahraga. Selain itu bagaimana mempersiapkan kegiatan di tahun 2021 dan pembinaan para Atlet untuk menghadapi Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pringsewu.

“Persiapan sudah dimulai oleh Cabor. Rata-rata diatas 50 persen. Untuk cabor yang menjadi andalan Tanggamus untuk mendulang medali adalah Pencak Silat, Panahan dan Wushu. Karena dari tiga cabor itulah tahun 2017 yang mendulang prestasi. Harapannya cabor lain juga bisa lebih baik lagi. Kalau tahun 2017 kita posisi delapan maka ditahun 2022 targetnya masuk lima besar,” jelas Samsul.

Lebih lanjut Samsul menyatakan bahwa dalam pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi diperlukan beberapa faktor pendukung. Antara lain kepedulian dari para Pembina yang dalam hal ini adalah Pengurus KONI, serta Pengurus Cabor dan Pemerintah Daerah.

Samsul juga mengungkapkan rasa syukurnya, dengan telah dibangunnya Gelanggang Olahraga (GOR) Kabupaten Tanggamus, yang berlokasi di Belakang Kompleks Kodim 0424 Tanggamus, yang masih akan dilanjutkan pembangunannya pada Tahun 2021.

“Harapannya di tahun
depan sudah ada beberapa Cabor yang dapat mempergunakan lokasi GOR menjadi tempat latihan.”

“Pembangunan GOR ini merupakan suatu bentuk
respon atas kebutuhan masyarakat Tanggamus akan
sarana dan prasarana fasilitas umum, yang salah satunya adalah sarana olahraga. Kita merasa optimis jika GOR ini telah siap dipakai, maka berbagai potensi dan bakat olahraga para pemuda di bumi Begawi Jejama ini akan tersalurkan,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Umum KONI Tanggamus Azuwansyah, menambahkan bahwa Kepengurusan KONI saat ini, dibawah kepemimpinan Ketua Umum Samsul Hadi, sesuai SK Ketua KONI Provinsi Lampung akan berakhir pada bulan Juni Tahun 2021. Selanjutnya akan dilaksanakan Musyawarah Olahraga Kabupaten (MUSORKAB) untuk menentukan Program Kerja KONI dan Kepengurusan KONI Periode 2021-2025.

“Dalam Musorkab ini diikuti oleh seluruh Cabor, tentunya yang SK kepengurusannya masih berlaku. Maka dari itu kita harap Pengurus Cabor segera melapor mengenai kepengurusan. Dan karena mau menghadapi Porprov, kami juga minta Pengurus Cabor untuk mendata atlet dan potensi Cabor yang dapat mendongkrak prestasi,” ujar Azuwansyah yang juga Anggota DPRD Lampung ini.

Azuwansyah juga meminta kepada Pemkab Tanggamus untuk memperhatikan kiprah para Atlet.

“Karena jika atlet sudah berprestasi apabila tidak diperhatikan, maka akan pergi untuk membela daerah lain. Kalau misalkan atlet ini masih SMA dan sudah berprestasi maka harus ditempatkan ditempat semestinya jangan sampai lepas dan menjadi atlet dari daerah lain. Maka dari itu harus ada kepedulian dan sinergi antara Pemda dan KONI,” harap Azuwansyah.

Azuwansyah melanjutkan, hasil dari Rakor selanjutnya akan dilaporkan kepada Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani.

“Kami akan audiensi dengan Bupati untuk melaporkan hasil Rakor dan menyampaikan Program Kerja KONI untuk Tahun 2021, termasuk terkait Persiapan PORPROV IX, yang rencananya akan berlangsung pada Bulan Mei 2022 di Kabupaten Pringsewu. Tentunya kami perlu dukungan dari Bupati, karena tanpa dukungan dari Beliau tidak bisa berjalan olahraga di Tanggamus ini,” pungkasnya. (Red/Rohmat)

 56 total views,  1 views today