DPRD Provinsi Lampung Sebut Vaksinasi Komunitas Bisa Setop Peningkatan Kasus Covid-19

Bandar Lampung – Pencapaian vaksinasi Lampung yang rendah secara standar nasional, yakni 10,80% diprediksi menjadikan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19┬áterus meningkat.

Oleh sebab itu, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Deni Ribowo mendorong pemerintah agar melaksanakan vaksinasi berbasis komunitas. Menurutnya, terobosan ini bisa turut mempercepat capaian vaksinasi dan mencegah penularan virus.

Ia menjelaskan, masyarakat biasa berinteraksi sesuai komunitas atau orang-orang terdekat. Dengan disertai vaksinasi, maka pencegahan penularan lebih efektif.

“Kami mendorong perusahaan untuk melaksanakan vaksinasi mandiri. Tidak hanya untuk pegawai, tetapi juga untuk warga sekitar,” ujarnya, Kamis, 19 Agustus 2021.

Selain percepatan, vaksinasi komunitas juga dipercaya bisa memperluas sentra vaksin sehingga menghindari adanya penumpukan masyarakat.

Politisi Demokrat itu juga berharap pemerintah pusat bisa mencukupi kebutuhan vaksin di Lampung. Sebab, petugas vaksinator di Lampung sudah siap namun permasalahan masih terletak pada keterbatasan jumlah stok vaksin.

“Polda sudah melakukan dengan menggandeng sejumlah kelompok dan organisasi, itu bagus,” kata dia.

Lampung telah menerima total 2.269.100 dosis vaksin. Berdasarkan data Satgas Covid-19 Lampung, sudah 1.199.334 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat. Jumlah itu terbagi dari 717.834 dosis I, 478.992 dosis II, dan 2.508 dosis III bagi tenaga kesehatan. (Red/Rls/Adv)

 26 total views,  1 views today