Anggota DPRD Provinsi Lampung Syarif Hidayat Dorong Pemberdayaan IRT

Bandar Lampung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung Syarif Hidayat mendorong pemerintah provinsi memperluas jangkauan program pelatihan dan pemberdayaan perempuan khususnya ibu rumah tangga.

Pasalnya, jika dikelola dengan baik program pemberdayaan perempuan tersebut hasilnya dapat menambah ekonomi keluarga.

Hal tersebut dikemukakan Syarif saat meninjau Rumah Jahit yang merupakan wadah pemberdayaan bagi ibu-ibu di sekitaran Jalan Blora, Kelurahan Segalamider, Tanjungkarang Barat.

“Program pemberdayaan perempuan seperti yang dilakukan Rumah Jahit ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dan skill kelompok bersama,” ucapnya, Jumat (11/3/2022).

Dengan begitu, lanjutnya, kaum perempuan bukan saja memenuhi kodrat sebagai Ibu, melainkan juga bisa menjadi nilai tambah untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Selain mengurus rumah dan anak anak, dengan memiliki pekerjaan tambahan ini, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarha,” kata legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Syarif yang saat ini duduk di Komisi V DPRD Lampung, menyampaikan, perempuan juga harus berdaya dan bekerja sama dengan suami untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Apalagi zaman sekarang, lanjutnya, hasil karya bisa dijual melalui media sosial atau promosi melalui WhatsApp.

“Saya berharap ke depan lebih banyak lagi Rumah Jahit atau rumah pemberdayaan perempuan lainnya di setiap kelurahan di Bandar Lampung. Keberadaan mereka ini tentunya harus didukung oleh dinas atau instansi yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Caranya bagaimana? Terus berupaya memberikan pelatihan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Sehingga tumbuh pelaku-pelaku UMKM baru di Bandar Lampung,” tutur Syarif.

Sesuai namanya, Rumah Jahit mengajarkan keterampilan menjahit bagi kaum ibu yang ingin menambah keahlian baru sekaligus menambah sumber ekonomi baru. Rumah Jahit dikelola oleh Yayasan Bina Madani Quran (BMQ) secara swadaya. (Red/Adv)

 32 total views,  1 views today